Jumat, 03 Desember 2010

William Sealy Gosset

William Sealy Gosset adalah seorang ahli statistika yang terkenal dengan sebutan student dan hasil kontribusinya yaitu berupa penemuan distribusi t. Gosset lahir di Canterbury, Inggris pada 13 juni 1876 melalui pasangan Agnes Sealy Vidal and Colonel Frederic Gosset.
Gosset menghadiri Winchester College sebelum belajar kimia dan matematika di bangku kuliah di Oxford. setelah kelulusannya tahun 1899, dia bergabung dengan perusahaan Dublin brewery of Arthur Guinness & Son. di perusahaan itulah Gosset mengasah keahlian statistikanya dengan trial error dan menghabiskan waktu selama dua periode di laboratorium Biometrik Karl Pearson pada 1906-1907.
Gosset memiliki hubungan yang sangat baik dengan Pearson dan Pearson banyak membantu dalam penelitiannya yang kebanyakan mengenai penelitian dalam sampel kecil. namun penelitian ini hanya memberikan sedikit apresiasi terhadap perusahaan karena mayoritas perusahaan memiliki ratusan pengamatan dan melihat tidak ada urgensi dalam mengembangkan metode sampel kecil.
distribusi t ditemukan oleh gosset dengan mengunakan nama pena yaitu student. hal ini disebabkan pada masa itu terdapat peneliti yang mempublikasikan hasil suatu perusahaan dengan mencantumkan rahasia perusahaan tersebut sehingga perusahaan tempat Gosset bekerja melarang karyawannya untuk menerbitkan hasil penelitian mereka.
Gosset meninggal pada 16 oktober 1937 di Beaconsfield, Inggris karena serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar