Jumat, 03 Desember 2010

Carl Friedrich Gauss

Dalam Statistika, distribusi Normal adalah Distribusi yang sangat penting. berbagai macam metode mengasumsikan distribusi ini. Adalah Carl Friedrich Gauss yang menemukan pertama kali distribusi Normal.
Johann Carl Friedrich Gauß (juga dieja Gauss) adalah seorang Jerman yang memberikan beragam kontribusi; ia dipandang sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa selain Archimedes dan Isaac Newton.
Dilahirkan pada 30 April 1777 di Braunschweig, Jerman, saat umurnya belum genap 3 tahun, ia telah mampu mengoreksi kesalahan daftar gaji tukang batu ayahnya. Menurut sebuah cerita, pada umur 10 tahun, ia membuat gurunya terkagum-kagum dengan memberikan rumus untuk menghitung jumlah suatu deret aritmatika berupa penghitungan deret 1+2+3+…+100. Meski cerita ini hampir sepenuhnya benar, soal yang diberikan gurunya sebenarnya lebih sulit dari itu.
Gauss mempunyai motto “pauca sed matura” yang berarti sedikit tetapi matang. Gauss menemukan kurva berbentuk seperti lonceng atau yang lebih dikenal sebagai distribusi Normal. disamping itu juga Gauss juga dikenal Gaussian bilangan prima, bilangan Integer Gaussian, Integral Gaussian, dan eliminasi Gauss.
Gauss meninggal 23 Februari 1855 pada umur 77 tahun dunia di Göttingen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar